Rabu, 03 Maret 2010

5 Tips Menciptakan BUZZ!!! (khususnya untuk Blogpost)













Manakah bagian terpenting dari posting blog Anda selain Headline?

Fakta: Master copywriter Schwartz Eugene menghabiskan sepanjang waktunya untuk fokus pada 50 kata pertama untuk menulis promo penjualan  kuncinya terletak pada informasi utama dan paragraf pembuka.

Coba bayangkan bagaimana pembaca akan kecewa setelah membaca judul posting Anda yang membosankan?
Yup, mungkin Anda akan kehilangan pembaca dan jangan berani berharap untuk menciptakan trend ataupun momentum. Headline yang kuat yang dikombinasi dengan opening yang lemah sama halnya seperti menyebarkan undangan pesta ke rumah Anda, begitu tamu datang Anda membanting pintu di depan mereka! WOW Anda tidak ingin melakukannya kan?

Jadi, berikut adalah 5 cara untuk membuka posting Anda yang akan menangkap imajinasi pembaca dan menarik mereka terjun jauh lebih dalam ke dalam blog Anda.

1. Ajukan Pertanyaan
Membuka posting Anda "pertanyaan retoris", pertanyaan yang menciptakan rasa ingin tahu dan memaksa pembaca untuk berpikir. Berpikir sama dengan keterlibatan aktif dengan tulisan Anda, dan itu hal yang sangat baik.

2. Berbagi anekdot/Quote
Anekdot cerita yang tepat dapat membuat orang tertawa atau segera menetapkan titik utama dari posting Anda. Kutipan yang sesuai dari otoritas yang dikenali atau orang terkenal juga dapat menciptakan keajaiban yang memancing perhatian pembaca.

3. Membentuk Imajinasi
Menghasilkan citra mental dalam benak pembaca adalah salah satu hal yang paling kuat yang bisa Anda lakukan sebagai seorang penulis, jadi jelas melibatkan imajinasi adalah teknik pembukaan yang kuat. Aktifkan mata pikiran pembaca dengan menggunakan kata-kata seperti "membayangkan," "gambar ini," "kau ingat ketika," dll

4. Gunakan Analogi, Metafora atau Simile
Analogi, metafora dan simile adalah beberapa senjata kuat yang tersedia untuk menceritakan sebuah cerita dalam satu kalimat. Ini adalah cara yang hebat untuk menangkap perhatian pembaca dan juga bertindak cepat untuk memprovokasi pencitraan mental yang memungkinkan pembaca untuk membayangkan sebuah cerita bagi mereka sendiri.

5. Mengutip Data Statistik Yang Mengejutkan
Mulai dengan sebuah fakta yang menarik juga merupakan teknik yang hebat. Beberapa orang menyukai data yang menarik, tetapi hanya jika itu unik, mengejutkan, atau bahkan sangat tidak terduga. Perlu diingat bahwa data juga harus relevan dengan tema posting yang Anda sajikan.

Bonus Tips: Bagian penting nomor 3 dari posting blog Anda adalah penutup. Cara yang baik untuk menutup adalah menegaskan kembali kepada kalimat pembukaan Anda.

Dari 5 teknik-teknik diatas, tips nomor berapakah yang belum saya terapkan dalam pembukaan posting blog saya kali ini?


KEEP WRITING AND CAIYOOO!!! ^__^

Referensi:

Brian Clark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar